Keunggulan Panggilan Konferensi Mudah dan Praktis

Estimated read time 5 min read

Keunggulan Panggilan Konferensi Mudah dan Praktis. Cara panggilan konferensi pada mobile phone merupakan sebuah solusi jika kita ingin menggabungkan antara panggilan suara satu dengan yang lainnya dalam satu kali percakapan telepon seluler. Jenis panggilan secara konferensi ini pun cukup beragam, mulai terdiri dari 2 atau 3 panggilan saja atau lebih.  Masing-masing peserta panggilan secara konferensi ini akan berbicara satu sama lain dalam satu waktu yang sama.

Keunggulan Panggilan Konferensi Mudah dan Praktis

Ketahui Cara Panggilan Konferensi Melalui Mobile Phone yang Benar?

Kemajuan dalam berteknologi saat ini memang memiliki perkembangan yang cukup pesat. Adanya berbagai fasilitas berinteraksi secara daring sebagai efisiensi waktu merupakan salah satu contoh masifnya kemajuan teknologi di era ini. Seperti saat kita sedang membutuhkan waktu untuk berinteraksi dengan kerabat, pasangan, atasan kerja, rekan satu kantor, maupun saudara yang berada di luar kota atau bahkan luar negeri.

Tidak lagi perlu menggunakan media surat menyurat yang membutuhkan waktu jauh lebih lama, hadirnya smartphone maupun gadget menjadi solusi paling ampuh abad ini untuk saling berkomunikasi. Adapun berbagai pilihan dalam melakukan komunikasi tersebut, bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Seperti melakukan zoom meeting, video call, ataupun berkomunikasi secara daring hingga melakukan panggilan secara konferensi dengan lebih dari 2 lawan bicara.

Lantas bagaimana sebetulnya cara melakukan tipe panggilan secara konferensi yang benar dan sesuai? Berikut ini beberapa langkah-langkah tepat yang bisa kita lakukan sebagai acuan tutorial. Simak dengan baik penjelasannya berikut ini.

Pengertian Panggilan Konferensi dan Cara Melakukan Panggilan Konferensi

Sebelum mengetahui bagaimana cara panggilan konferensi yang benar, ada baiknya untuk memahami dengan baik apa yang disebut dengan sistem komunikasi yang satu ini. Conference call atau panggilan konferensi merupakan salah satu jenis panggilan dengan menggabungkan tiga ataupun lebih saluran telepon dalam satu panggilan secara bersamaan.

Jenis panggilan ini memberikan kesempatan bagi para pesertanya untuk bisa bertukar informasi dengan saling berkomunikasi secara intens meskipun tidak berada dalam satu wilayah yang sama. Panggilan yang dilakukan secara konferensi ini juga seringkali disebut sebagai Audio Teleconference atau ATC yaitu proses berkomunikasi ataupun bertukar informasi antara masing-masing pengguna telepon dalam satu panggilan.

Cara Kerja Panggilan Konferensi

Dalam cara kerjanya, jenis panggilan ini memberikan layanan berkomunikasi dengan proses penerimaan seperangkat sinyal audio telepon yang berasal dari conference subnodes. Sinyal inilah yang nantinya bekerja dan berkorespondensi dengan penerima panggilan telepon. Kemudian menghasilkan keluaran seperangkat sinyal audio telepon dan mentransmisikannya ke dalam conference subnodes. Singkatnya, proses ini akan dapat digunakan untuk proses panggilan grup.

Cara Panggilan Konferensi yang Mudah dan Praktis

Keunggulan Panggilan Konferensi Mudah dan Praktis. Melakukan proses panggilan dengan lebih dari dua peserta merupakan salah satu solusi untuk berdiskusi secara daring maupun bertukar informasi satu sama lain. Adapun tutorial melakukan panggilan dengan cara ini, bisa kita lakukan dengan mengikuti beberapa tips berikut.

Pertama, lakukan panggilan kepada peserta yang pertama. Setelah panggilan menyambung dan terhubung, sapalah orang pertama yang sekaligus menjadi peserta panggilan di ponsel Anda. Setelah itu, sentuh simbol + dan tambahkan panggilan.

Usai menyentuh simbol +, maka panggilan pertama yang sudah terhubung tersebut harus ditahan. Lakukan proses panggilan kedua dan seterusnya menggunakan cara di atas. Jangan lupa untuk memberi tahu peserta panggilan bahwa panggilan mereka mengalami penggabungan.

Jenis Panggilan Konferensi

Cara panggilan konferensi yang mudah, tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja saat ini. Namun tahukah bahwa jenis panggilan secara konferensi ini beragam? Yuk, simak jenis panggilan secara konferensi serta kegunaannya.

Panggilan Konferensi Tanpa Melakukan Reservasi

Jenis panggilan ini merupakan sebuah komunikasi secara spontan tanpa memerlukan sebuah reservasi ataupun rencana sebelumnya. Metode komunikasi tanpa reservasi ini memungkinkan lebih dari satu peserta untuk berpartisipasi dalam pembentukan kesimpulan dalam sebuah diskusi. Sistem panggilan ini juga dirasa cukup mudah dan praktis sehingga memungkinkan kita mendapatkan efisiensi yang lebih cepat.

Panggilan Konferensi Melalui Bantuan Operator

Sistem panggilan konferensi yang kedua ini merupakan sebuah panggilan yang dimoderasi melalui bantuan operator. Peran operator dalam panggilan ini, yaitu memulai panggilan dan mengelola jalannya komunikasi antar peserta. Operator juga memiliki kewenangan untuk menambah sekaligus mengurangi peserta dalam sebuah panggilan tersebut.

Adanya operator ini bagi sebagian orang dirasa cukup efektif untuk mendapatkan kualitas panggilan yang baik. Hal tersebut karena adanya moderator dan pemimpin jalannya pertukaran informasi pada satu panggilan secara daring melalui mobile phone.

Biasanya, jenis panggilan ini merupakan sebuah diskusi formal mengenai pertemuan rapat atau hal-hal yang bersifat penting dan sopan. Jika panggilan konferensi hanya bertujuan untuk bertukar informasi, kabar, dan hal-hal yang informal sebaiknya tidak perlu adanya operator pada saat melakukan panggilan.

Panggilan Konferensi Video

Cara panggilan konferensi video tidak begitu berbeda dengan jenis panggilan suara. Melakukan panggilan secara video merupakan sebuah solusi untuk mengetahui secara detail kondisi lawan bicara kita. Bahkan meskipun dilakukan secara daring, panggilan dengan sistem video ini dianggap jauh lebih intim karena menampilkan wajah asli masing-masing pengguna. Proses berkomunikasi akan terasa jauh lebih kondusif dan tidak monoton.

Demikian tadi beberapa hal yang wajib kita ketahui tentang jenis panggilan konferensi. Adanya panggilan yang memungkinkan pesertanya lebih dari dua arah memberikan efektivitas maupun efisiensi untuk merencanakan dan memutuskan sesuatu. Melakukan panggilan ini juga tidak memerlukan perangkat tertentu yang mahal. Kita dapat menggunakan mobile phone jenis ponsel Android maupun iOs.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours